Jumat, 08 Januari 2016

KURIKULUM SESUDAH DAN SEBELUM KEMERDEKAAN








PEMBAHASAN


KURIKULUM RENCANA PELAJARAN (1947 – 1968)


Kurikulum yang digunakan di Indonesia dipengaruhi oleh tatanan sosial politik Indonesia. Negara-negara penjajah yang mendiami wilayah Indonesia ikut juga mempengaruhi sistem pendidikan nasional di Indonesia. Pada masa penjajahan Belanda setidaknya ada tiga sistem pendidikan dan pengajaran yang berkembang saat itu:
  1. Sistem pendidikan Islam yang di selenggarakan  pesantren.
  2. Sistem pendidikan Belanda  yang diatur dengan prosedur yang ketat dari mulai aturan siswa, mengajar, sistem pengajaran dan kurikulum semua di atur oleh pemerintahan Belanda.
  3. Sistem pendidikan pribumi yang diselenggarakan oleh pemerintah Belanda, peserta didiknya hanya orang-orang ningrat saja.
Prosedur pendidikan Belanda diatur dengan prosedur yang ketat di mulai aturan siswa, pengajaran, sistem pengajaran. kurikulum sistem prosedural seperti ini sangat berbeda dengan  sistem pendidikan Islam yang telah di kenal sebelumya. Sistem pendidikan Belanda pun bersifat diskriminatif.  Sekolah-sekolah di bentuk dengan membedakan pendidikan antara anak belanda  anak Timur asing dan anak pribumi. 


a. Rencana pelajaran 1947


            Kurikulum pertama pada masa kemerdekaan namanya Rentjana Pelajaran 1947. Ketika itu penyebutannya lebih populer menggunakan leer plan (rencana pelajaran) ketimbang istilah curriculum dalam bahasa Inggris. Rencana Pelajaran 1947 bersifat politis, yang tidak mau lagi melihat dunia pendidikan masih menerapkan kurikulum Belanda, yang orientasi pendidikan dan pengajarannya ditujukan untuk kepentingan kolonialis Belanda. Asas pendidikan ditetapkan Pancasila Situasi perpolitikan dengan gejolak perang revolusi, maka Rencana Pelajaran 1947 baru diterapkan pada tahun 1950. Oleh karena itu Rencana Pelajaran 1947 sering juga disebut kurikulum 1950. Susunan Rencana Pelajaran 1947 sangat sederhana, hanya memuat dua hal pokok, yaitu daftar mata pelajaran dan jam pengajarannya, serta garis-garis besar pengajarannya. bentuknya memuat dua hal pokok:
1.    Daftar mata pelajaran dan jam mengajar
2.    Garis-garis besar pengajaran (GBP)


Kelebihan dan kekurangan kurikulum tahun 1947

Kelebihan :
  • Lebih menekankan pada pembentukan karakter manusia yang berdaulat dan sejajar dengan bangsa lain.
Kelemahan :
  • Kurikulum pendidikan Indonesia masih dipengaruhi system pendidikan kolonial belanda dan jepang.



b. Rencana Pelajaran Terurai 1952


            Setelah Rentjana Pelajaran 1947, pada tahun 1952 kurikulum di Indonesia mengalami penyempurnaan. Pada tahun 1952 ini diberi nama Rencana Pelajaran Terurai 1952. Pembentukan Panitia Penyelidik Pengajaran pada masa Mr.  Soewandi  sebagai Menteri PP dan K (Pengajaran, Pendidikan dan Kebudayaan) adalah dalam rangka mengubah sistem pendidikan kolonial ke dalam sistem pendidikan nasional. Sebagai konsekuensi dari perubahan sistem itu, maka kurikulum pada semua tingkat pendidikan mengalami perubahan pula, sehingga yang semula diorientasikan kepada kepentingan kolonial maka kini diubah selaras dengan kebutuhan bangsa yang merdeka. Salah satu hasil panitia tersebut yang menyangkut kurikulum adalah bahwa setiap rencana pelajaran pada setiap tingkat pendidikan harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
•   Pendidikan pikiran harus dikurangi
•   Isi pelajaran harus dihubungkan terhadap kesenian
•   Pendidikan watak
•   Pendidikan jasmani
•   Kewarganegaraan dan masyarakat

Kelebihan:
  • Kurikulum ini sudah mengarah pada suatu system pendidikan nasional.

Kelemahan:
  • Masih kurangnya tenaga pengajar.
  • Tidak di dukung dengan fasilitas yang memadai.



c.
Kurikulum 1964


            Usai tahun 1952, menjelang tahun 1964, pemerintah kembali menyempurnakan sistem kurikulum di Indonesia. Kali ini diberi nama Rencana Pendidikan 1964. Pokok-pokok pikiran kurikulum 1964 yang menjadi ciri dari kurikulum ini adalah bahwa pemerintah mempunyai keinginan agar rakyat mendapat pengetahuan akademik untuk pembekalan pada jenjang SD, sehingga pembelajaran dipusatkan pada program Pancawardhana yang meliputi pengembangan daya cipta, rasa, karsa, karya, dan moral. Mata pelajaran diklasifikasikan dalam lima kelompok bidang studi: moral, kecerdasan, emosional, keterampilan, dan jasmani. Pendidikan dasar lebih menekankan pada pengetahuan dan kegiatan fungsional praktis.

d. Kurikulum 1968

            Lahirnya Orde Baru memberikan warna tersendiri dalam sistem pendidikan Indonesia. Sesuai dengan  ketetapan TAP MPRS No. XXVII/MPRS/1966  tentang Agama,  Pendidikan,  dan Kebudayaan, maka dirumuskan mengenai tujuan pendidikan sebagai bentuk manusia Pancasila sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945. Isi dari kurikulum 1968 ialah mempertinggi mental. Moral, budi pekerti dan memperkuat keyakinan beragama, mempertinggi kecerdasan dan keterampilan, membina atau mengembangkan fisik yang kuat dan sehat.

Kelebihan:
  • Bertujuan pada pembentukan manusia pancasila sejati.
  • Struktur pendidikan dari pancawardhana menjadi pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus.
           
Kelemahan:
  • Muatan materi masing-masing mata pelajaran masih bersifat teoritis dan belum terikat erat dengan keadaan nyata dalam lingkungan sekitar.



KURIKULUM  BERORIENTASI  PENCAPAIAN TUJUAN (1975-1994)


            Kurikulum ini menekankan pada isi atau materi pelajaran yang bersumber dari disiplin ilmu. Penyusunannya relatif mudah, praktis, dan mudah digabungkan dengan model yang lain. Kurikulum ini bersumber dari pendidikan klasik, perenalisme dan esensialisme, berorientasi pada masa lalu. fungsi pendidikan adalah memelihara dan mewariskan ilmu pngetahuan, teknologi, dan nilai-nilai budaya masa lalu kepada generasi yang baru.


a)
Kurikulum 1975
Latar belakang ditetapkanya Kurikulum 1975 sebagai pedoman pelaksanaan pengajaran di sekolah menurut Menteri Pendidikan Republik Indonesia Sjarif Thajeb, adalah:
  1. Selama Pelita I, yang dimulai pada tahun 1969, telah banyak timbul gagasan baru tentang pelaksanaan sistem pendidikan nasional.
  2. Adanya kebijaksanaan pemerintah di bidang pendidikan nasional yang digariskan dalam GBHN yang antara lain berbunyi : “Mengejar ketinggalan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mempercepat lajunya pembangunan.”
  3. Adanya hasil analisis dan penilaian pendidikan nasional oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaaan mendorong pemerintah untuk meninjau kebijaksanaan pendidikan nasional.
  4. Adanya inovasi dalam system belajar-mengajar yang dianggap lebih efisien dan efektif yang telah memasuki dunia pendidikan Indonesia.
  5. Keluhan masyarakat tentang mutu lulusan pendidikan untuk meninjau sistem yang kini sedang berlaku.
  6. Diperlukan peninjauan terhadap Kurikulum 1968 tersebut agar sesuai dengan tuntutan masyarakat yang sedang membangun.

Kurikulum 1975 sebagai pengganti kurikulum 1968 menggunakan prinsip-prinsip di antaranya sebagai berikut.
  1. Berorientasi pada tujuan. Pemerintah merumuskan tujuan-tujuan yang harus dikuasai oleh siswa yang lebih dikenal dengan hirarki tujuan pendidikan.
  2. Menganut pendekatan integrative dalam arti bahwa setiap pelajaran memiliki arti dan peranan yang menunjang kepada tercapainya tujuan-tujuan yang lebih integratif.
  3. Menekankan kepada efisiensi dan efektivitas dalam hal daya dan waktu.
  4. Menganut pendekatan sistem instruksional yang dikenal dengan Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI).
  5. Dipengaruhi psikologi tingkah laku dengan menekankan kepada stimulus respon (rangsang-jawab) dan latihan (Drill). Pembelajaran lebih banyak menggunaan teori Behaviorisme, yakni memandang keberhasilan dalam belajar ditentukan oleh lingkungan dengan stimulus dari luar, dalam hal ini sekolah dan guru.

Kurikulum 1975 memuat ketentuan dan pedoman yang meliputi unsur-unsur :

1)    Tujuan institusional. 
Berlaku mulai SD, SMP maupun SMA. Tujuan Institusional adalah tujuan yang hendak dicapai lembaga dalam melaksanakan program pendidikannya. 

2)    Struktur Program Kurikulum. 
Struktur program adalah kerangka umum program pengajaran yang akan diberikan pada tiap sekolah.

3)    Garis-Garis Besar Program Pengajaran 
Garis-Garis Besar Program Pengajaran, memuat hal-hal yang berhubungan dengan program pengajaran, yaitu.

Kelebihan Kurikulum 1975
  • Menekankan pada pendidikan yang lebih efektif dan efisien dalam hal daya dan waktu
  • Menganut sistem yang senantiasa mengarah kepada tercapainya tujuan yang spesifik,dapat diukur dan dirumuskan dalam bentuk tingkah laku siswa
Kelemahan Kurikulum 1975

Guru dibuat sibuk menulis rincian apa yang akan dicapai dari setiap kegiatan pembelajaran


b) Kurikulum 1984 

            Sidang umum MPR 1983 yang produknya tertuang dalam GBHN 1983 menyiratkan keputusan politik yang menghendaki perubahan kurikulum dari kurikulum 1975 ke kurikulum 1984, karena sudah dianggap tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi . Secara umum dasar perubahan kurikulum 1975 ke kurikulum 1984 di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Terdapat beberapa unsur dalam GBHN 1983 yang belum tertampung ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  2. Terdapat ketidakserasian antara materi kurikulum berbagai bidang studi dengan kemampuan anak didik.
  3. Terdapat kesenjangan antara program kurikulum dan pelaksanaannya di sekolah.
  4. Terlalu padatnya isi kurikulum yang harus diajarkan hampir di setiap jenjang.
  5. Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB) sebagai bidang pendidikan yang berdiri sendiri mulai dari tingkat kanak-kanak sampai sekolah menengah tingkat atas termasuk Pendidikan Luar Sekolah.
  6. Pengadaan program studi baru (seperti di SMA) untuk memenuhi kebutuhan perkembangan lapangan kerja.


Kelebihan kurikulum 1984
  • Pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat secara fisik, mental, intlektual dan emosional dengan harapan siswa memperoleh pengalaman belajar secara maksimal, baik dalam ranah kognitif, afektip, maupun psikomotor.
Kekurangan Kurikulum 1984
  • Posisi siswa ditempatkan sebagai subjek belajar.
  • Banyak sekolah kurang mampu menafsirkan, yang terlihat adalah suasana gaduh di ruang kelas lantaran siswa berdiskusi, di sana sini ada tempelan gambar, dan yang menyolok guru tak lagi mengajar model berceramah.


c)
Kurikulum 1994 


Adapun yang menjadi latar belakang di berlakukan kurikulum 1994 adalah sebagai berikut:
  1. Bahwa sesuai dengan undang – undang Dasar 1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang di atur oleh undang-undang
  2. Untuk mewujudkan pembangunan Nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan Nasional yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian , perkembangan masyrakat serta kebutuhasn pembangunan .
  3. Dengan berlakunya undang-undang Republik Indonesia  Nomor 2 tahun 1989 tentanmg sistem pendidikan Nasional maka kurikulum sekolah menengah umum perlu disesuaikan denga peraturan perundang – undang tersebut.



POKOK KURIKULUM 1994

Terdapat ciri-ciri yang dominan  dari pemberlakuan kurikulum 1994 di antaranya:
  1. Pembagian  tahapan pelajaran di sekolah dengan sistem caturwulan
  2. Pembelajaran di sekolah lebih menekankan materi pelajaran yang cukup padat (berorientasi pada materi (isi)
  3. Kurikulum 1994 bersifat populis, yaitu yang memberlakukan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia. Kurikulum ini bersifat  kurikulum inti sehingga daerah yang khusus dapat mengembangkan pengajaran sendiri disesuaikan dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri.
  4. Dalam melaksanakan kegiatan , guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi yang melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik secara mental, fisik dan sosial. Dalam mengaktifkan siswa guru dapat memberikan bentuk soal yang mengarah kepada jawaban konvergen. Divergen  (terbuka, dimungkinkan lebih dari satu jawaban) dan penyelidikan.
  5. Dalam pengajaran suatu mata pelajaran hendaknya disesuaikan dengan kekhasan konsep/pokok bahasan dan perkembangan berfikir siswa,  sehingga diharapkan akan terdapat keserasian antara pengajaran yang menekankan pada pemahaman konsep  dan pengajaran yang menekankan keterampilan menyelesaikan sola dan pemecahan masalah.
  6. Pengajaran dari hal yang kongkrit ke hal yang abestrak, dari hal yang mudah ke yang sulit, dan dari hal yang sederhana ke hal yang komplek.
  7. Pengulangan – pengulangan materi yang di anggap sulit perlu dilakukan untuk pemantapan pemahaman siswa.

Kelebihan Kurikulum 1994
  • Penggunaan strategi yang melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik secara mental, fisik, dan sosial.
  • Pengajaran dari hal yang konkret ke hal yang abstrak, dari hal yang mudah ke hal yang sulit, dari hal yang sederhana ke hal yang kompleks.
Kekurangan Kurikulum 1994
  • Aspek yang di kedepankan dalam kurikulum 1994 terlalu padat.
  • Konsep pengajaran satu arah, dari guru ke murid.
  • Beban belajar siswa terlalu berat karena banyaknya mata pelajaran dan banyaknya materi/ substansi setiap mata pelajaran.
  • Materi pelajaran yang dianggap terlalu sukar karena kurang relevan dengan tingkat perkembangan berpikir siswa, dan kurang bermakna karena kurang terkait dengan aplikasi kehidupan sehari-hari.
  • Pengulangan-pengulangan materi yang dianggap sulit perlu dilakukan untuk pemantapan pemahaman.

PERSAMAAN KURIKULUM 1968, 1975, 1984, dan 199
  1. Dirancang berdasarkan  landasan  yang  sama,  yaitu  Pancasila  dan  UUD  1945.
  2. Tujuan dan isi kurikulum diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan pada setiap tahunnya.
  3. Peningkatan mutu pendidikan mencakup pengembangan dimensi manusia seutuhnya yakni aspek-aspek moral, ahlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan, kesehatan, ketrampilan, dan seni yang bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik.

PERBEDAAN KURIKULUM 1968, 1975, 1984, DAN 1994

a. Kurikulum 1968

“Membentuk manusia Pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan seperti yang dikehendaki oleh pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan isi Undang-Undang Dasar 1945”.


b. Kurikulum 1975

“Membentuk manusia pembangunan yang berpancasila dan membentuk manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang bermaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945”.

c. Kurikulum 1984

“Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah airagar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa”.

d. Kurikulum 1994

“Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.

   


KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI  (2004)


Pengertian Kurikulum 2004 (KBK)


Dalam dokumen kurikulum 2004 dirumuskan bahwa Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan perangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai oleh siswa, penilaian, kegiatan belajar mengajar,dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum sekolah (Depdiknas 2002).

Kelebihan Kurikulum KBK
  1. Mengembangkan kompetensi-kompetensi siswa pada setiap aspek mata pelajaran dan bukan pada penekanan penguasaan konten mata pelajaran itu sendiri
  2. Mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student oriented). Siswa dapat bergerak aktif secara fisik ketika belajar dengan memanfaatkan indra seoptimal mungkin dan membuat seluruh tubuh serta pikiran terlibat dalam proses belajar. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan bergerak dan berbuat, belajar dengan berbicara dan mendengar, belajar dengan mengamati dan menggambarkan, serta belajar dengan memecahkan masalah dan berpikir. Pengalaman-pengalaman itu dapat diperoleh melalui kegiatan mengindra, mengingat, berpikir, merasa, berimajinasi, menyimpulkan, dan menguraikan sesuatu. Kegiatan tersebut dijabarkan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
  3. Bentuk pelaporan hasil belajar yang memaparkan setiap aspek dari suatu mata pelajaran memudahkan evaluasi dan perbaikan terhadap kekurangan peserta didik.
  4. Penilaian yang menekankan pada proses memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi kemampuannya secara optimal, dibandingkan dengan penilaian yang terfokus pada konten.


Kelemahan Kurikulum KBK
  1. Paradigma guru dalam pembelajaran KBK masih seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya yang lebih pada teacher oriented
  2. Kualitas guru, hal ini didasarkan pada statistik, 60% guru SD, 40% guru SLTP, 43% SMA, 34% SMK dianggap belum layak untuk mengajar di jenjang masing-masing. Selain itu 17,2% guru atau setara dengan 69.477 guru mengajar bukan bidang studinya. Kualitas SDM kita adalah urutan 109 dari 179 negara berdasarkan Human Development Index.
  3. Sarana dan pra sarana pendukung pembelajaran yang belum merata di setiap sekolah, sehingga KBK tidak bisa diimplementasikan secara komprehensif.
  4. Kebijakan pemerintah yang setengah hati, karena KBK dilaksanakan dengan uji coba di beberapa sekolah mulai tahun pelajaran 2001/2002 tetapi tidak ada payung hukum tentang pelaksanaan tersebut.
  5. Konsep KBK sering mengalami perubahan termasuk pada urutan standar kompetensi dan kompetensi dasar sehingga menyulitkan guru untuk merancang pembelajaran secara berkelanjutan.



Perbandingan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum 1994

PERSAMAAN
  1. Pendidikan dasar 9 tahun
  2. Penekanan pada kemampuan Membaca, Menulis, dan Berhitung
  3. Konsep-konsep dan materi pokok (esensial) pada setiap mata pelajaran untuk mencapai kompetensi
  4. Adanya muatan lokal
  5. Alokasi waktu setiap jam pelajaran tetap 45 menit untuk SMP/MTs dan SMA/MA

PERBEDAAN
  1. Pemberdayaan sekolah dan daerah --> Sentralistik
  2. Memuat Standar Kompetensi ---> Tidak memuat standar kompetensi
  3. Kegiatan pembiasaan perilaku terintegrasi dan terprogram ---> Tidak ada kegiatan pembiasaan perilaku terintegrasi dan terprogram
  4. Pengenalan mata pelajaran TIK ---> belum ada mata pelajaran TIK
  5. Penilaian Berbasis Kelas (PBK) --> Meskipun sudah disarankan untuk melakukan PBK, kenyataannya masih didominasi penilaian pilihan ganda
  6. Pendekatan tematik di kelas I dan II SD/MI untuk memperhatikan kelompok usia --> Pendekatan tematik di kelas I dan II SD/MI hanya disarankan
  7. Kesinambungan pemeringkatan kompetensi bahan kajian dari kelas I sampai kelas XI --> Tidak ada kesinambungan pemeringkatan kompetensi bahan kajian dari kelas I sampai kelas XII
  8. Silabus disusun oleh daerah dan atau sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya --> Memberikan peluang pada guru/sekolah/daerah untuk mengembangkan potensinya



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2006)


            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikukulum terbaru di indonesia yang disarankan untuk dijadikan rujukan oleh para pengembang kurikulum di tingkat satuan pendidikan.
KTSP merupakan kurikulum yang disempurnakan dari kurikulum 2004 (KBK). Kurikulum ini disusun oleh masing-masing satuan pendidikan atau sekolah. Prinsipnya hampir sama dengan KBK. KTSP diberlakukan mulai tahun 2006/2007. Dalam kurikulum ini pemerinyah hanya sebagai pengembang kompetensi standar isi dan kelulusan. Selanjutnya sekolah bebas menyusun kurikulum sesuai dengan keadaan sekolah dan siswa didik.

            KTSP disusun dalam rangka memenuhi amanat yang tertuang dalam UU RI no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Dalam KTSP pendekatan belajar berbasis materi, jam belajar dan struktur program.

Kelebihan KTSP :
  • Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Mendorong para guru, kepala sekolah dan pihak manajemen sekolah semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
  • KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu bagi kebutuhan siswa.
  • KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dang memberatkan kurang lebih 20%.
  • KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.
Kelemahan KTSP
  • Kurangnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada.
  • Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari pelaksanaan KTSP.
  • Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik konsepnya, penyusunannya maupun prakteknya di lapangan.
  • Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurang pendapatan guru.
G. Persamaan dan Perbedaan antara KBK dengan KTSP


Persamaan KBK dan KTSP
  • Memiliki tujuan yang sama terhadap kemajuan dunia pendidikan yaitu untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten dan cerdas dalam membangun identitas budaya dan bangsa, berbudi pekerti yang luhur serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Sama-sama bergantung pada materi yang mengacu kepada silabus.

Perbedaan KBK dan KTSP
  • Dalam KBK guru lebih aktif menjelaskan, sedangkan KTSP guru cenderung menunggu pendapat siswa.
  • KBK lebih mengutamakan diskusi kelompok, sedangkan KTSP  kelompok kerja.
  • Jumlah pelajaran KBK lebih banyak dari KTSP.
  • KBK alokasi waktu pada setiap pertemuan lebih banyak, sedangkan KTSP alokasi waktu pada pertemuan lebih sedikit.






            Pengertian Kurikulum secara umum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. (BSNP,2006: 1)

            Sedangkan kurikulum terbaru saat ini yang digunakan di Indonesia yaitu Kurikulum Tahun 2013, di mana kurikulum ini lebih mirip dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Model kurikulum berbasis kompetensi ini ditandai oleh pengembangan kompetensi berupa sikap, pengetahuan, keterampilan berpikir, dan keterampilan psikomotorik yang dikemas dalam berbagai mata pelajaran. Walaupun hampir mirip dengan model Kurikulum Berbasis Kompetensi, akan tetapi masih ada juga perbedaan-perbedaannya. Kurikulum dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang mereka miliki. Di dalam kurikulum ini memandang bahwa setiap peserta didik itu memiliki potensinya masing-masing yang perlu digali dan dikembangkan, sehingga kelak potensinya tersebut dapat bermanfaat di dalam kehidupan si peserta didik nantinya dalam bermasyarakat. Kurikulum ini dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa setiap peserta didik berada pada posisi sentral dan aktif dalam belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa guru hanya sebagai fasilitator saja. Peran peserta didik di dalam kegiatan pembelajaran itu lebih diutamakan, sehingga potensi-potensi yang ada di dalam diri peserta didik menjadi lebih tersalurkan dan dapat berkembang. Penyelenggaraan pendidikan seperti yang disampaikan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diharapkan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan.



Kelemahan kurikulum 2013

Walaupun kurikulum belum sepenuhnya terlaksana tetapi mempunyai beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut.
  1. Pemerintah seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama dalam kurikulum 2013. Guru juga tidak pernah dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013.
  2. Tidak ada keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013. Keseimbangan sulit dicapai karena kebijakan ujian nasional (UN) masih diberlakukan.
  3. Pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar tidak tepat, karena rumpun ilmu pelajaran-pelajaran tersebut berbeda

Persamaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya
  • Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 sama-sama menampilkan teks sebagai butir-butir KD.
  • Untuk struktur kurikulumnya baik pada KTSP atau pada 2013 sama-sama dibuat atau dirancang oleh pemerintah tepatnya oleh Depdiknas.
  • Beberapa mata pelajaran masih ada yang sama seperti KTSP.
  • Terdapat kesamaan esensi kurikulum, misalnya pada pendekatan ilmiah yang pada hakekatnya berpusat pada siswa. Dimana siswa yang mencari pengetahuan bukan menerima pengetahuan.

Jadi, kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

KURIKULUM INTERNASIONAL


a.      Kurikulum Negara Denmark


Kurikulum dalam pendidikan Denmark pada umumnya memang tidak terlihat formal. Mereka tidak membiasakan para pengajar untuk memberikan materi dan pelajar diam mendengarkan. Jadi, para pengajar tidak menggunakan komunikasi satu arah. Mereka cenderung membuat kelas interaktif dan menitik beratkan pada materi sehingga kelas lebih seperti ruang debat. Pelajar diharapkan untuk mengajukan pertanyaan yang berkualitas. Dalam proses ini secara keseluruhan ada pertukaran ide dan pengetahuan secara tidak langsung. Dengan adanya pertukaran tersebut pelajar diharapkan mendapatkan manfaatnya.  Pelajar didorong untuk berpikir kritis dan bebas mengeluarkan pendapatnya.
Kurikulum ini memang dirancang untuk meningkatkan kreativitas, ekspresi diri, berpikir analitis dan kritis dari mahasiswa. Pelajar di Denmark diharapkan untuk terlibat dalam proses belajar mereka sendiri. Pelajar ditanamkan gagasan “bertanggung jawab untuk belajar sendiri”. Mereka pun dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan menjadi mandiri dalam belajar.
            Jika kalian mahasiswa di Denmark kalian akan menghadiri kuliah, belajar mandiri dan melaksanakan proyek-proyek sendiri ataupun dalam kelompok belajar. Proyek-proyek ini akan menantang kalian untuk bebas berpikir, untuk menggunakan inisiatif dan kreatif. Metode ini memberikan pengalaman dalam menggunakan pengetahuan baru untuk memecahkan masalah kompleks di dunia nyata.
Pengajaran juga tidak akan banyak berada di dalam kelas karena lebih banyak berbentuk kelompok ataupun sendiri dimana pengajar nantinya hanya menjadi konsultan. Selain itu dengan terbiasa bekerja bukan hanya sebagai individu, tetapi juga sebagai anggota dari kelompok, akan melatih kita untuk bekerja bersama tim, berkerjasama dengan rekan kerja dan berkomunikasi.
Denmark juga sangat mengedepankan originalitas karya. Walaupun hanya sekedar essay dan ada kalimat kutipan yang tidak diberi tanda kutipan bisa dianggap sebagai menjiplak. Jika itu terjadi dapat dianggap sebagai pelanggaran akademik. Kesalahan akademik juga dapat penipuan ujian. Ini adalah contoh dari apa yang bisa kesalahan akademis atau penipuan:
·         Mengklaim kredit untuk karya orang lain tanpa persetujuan mereka dan tanpa sepengetahuan.
·         Penggunaan ide atau kata-kata orang lain tanpa otorisasi dan kutipan yang tepat.
·         Penggunaan sumber yang tidak sah.
·         Pemalsuan atau fabrikasi data atau dokumen.
·         Membantu orang lain dalam apapun di atas.
·         Jika menegaskan bahwa mahasiswa telah melakukan plagiat atau penipuan ujian itu dapat dikenakan sanksi dari ujian, suspensi dari satu atau lebih semester, atau dalam beberapa kasus bahkan pengusiran.

Kira-kira bisa disimpulkan begini..
Ciri khas gaya pengajaran di Denmark:
·         Pembelajaran berpusat pada siswa dan debat terbuka selama kelas
·         Siswa dan guru berkolaborasi lebih dekat
·         Budaya kuliah dikombinasikan dengan mengerjakan proyek dimana posisi guru sebagai konsultan
·         Partisipasi aktif dan pemecahan masalah daripada menjadi pendengar pasif
·         Fokus pada mengubah pengetahuan baru dan mencari solusi inovatif
Yang didapatkan pelajar:
·         Kemampuan berkomunikasi yang baik dan keterampilan interpersonal
·         Kemampuan untuk bekerja secara analitik dan kreatif dalam memecahkan masalah
·         Kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun sebagai anggota tim
·         Kualifikasi yang diakui secara internasional
·         Profil internasional dan landasan terbaik untuk karir masa depan
Para pengajar atau professor merupakan para professional dan ahli dibidangnya. Hal ini menawarkan siswa sebuah perspektif praktis tak ternilai dari sudut pandang profesional. Tidak hanya itu banyak lembaga pendidikan Denmark bermitra dengan perusahaan lokal dan organisasi masyarakat untuk tujuan penelitian juga banyak program menawarkan magang dan pengalaman kerja.
Dengan begini pelajar diharapkan akan menjadi asset untuk perusahaan dan menjadi pekerja yang bernilai nantinya. Karena metode ini membiasakan pelajar bekerja di dunia pekerjaan sebenarnya.





DAFTAR PUSTAKA


http://pendidikanekonomia.blogspot.co.id/2014/05/perkembangan-kurikulum-di-indonesia_862.html

Hamalik, Oemar. 1990. Pengembangan Kurikulum, Dasar-dasar dan Pengembangannya. Bandung: Mandar Maju

Sanjaya Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2010. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.

http://etykurniyati.wordpress.com/2013/07/15/analisis-sejarah-kurikulum-di-indonesia/

Mulyasa, E. 2014. pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

http://studieropa.com/gaya-belajar-dalam-pendidikan-denmark/


19 komentar:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa pelayanan kepada permulaan akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di perutusan judi online yang berpangkat International, berlaku dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.net/cara-membaca-putaran-kartu-poker-online/
    https://agenzeus.net/jenis-dan-ciri-ciri-ayam-aduan-asal-vietnam-ayam-saigon/
    https://agenzeus.net/tag/prediksi-bola/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  2. PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU merupakan web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan game poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah dan memberikan hadiah jackpot setiap harinya & bisa main dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    indokartu.info

    Ayo main sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  3. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  4. BONUS 10% EVERY DAY

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di perizinan judi online yang bertaraf International, berlaku dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.site/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.site/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link zeusbola
    link alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  5. Main Bandar66 Online ?. Seringkali kalah dan jarang melakukan penarikan dana? Jalan terbaik bagi anda yaitu dengan bermain bersama dengan Agen PKV Bandar66 Online Mudah Menang Setiap Saat.

    Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  6. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di http://104.248.148.252/.

    Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    https://zeus77.org

    promo s128 sabung ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 maxbet link, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  7. ZeusBola - IDN Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Daftar Sekarang Juga Dapatkan Bonus New Member
    Tingkatkan TO Anda Dan Claim Bonus Levelnya
    Pendaftaran : http://zeusbola.me

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333555996

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    BalasHapus
  8. AGEN S1288POKER & S128cash BANDAR TARUHAN ONLINE TERPECYA DAN AMAN
    dengan Berbagai macam promo ditawarkan : (TERBARU TER UP TO DATE 2020)
    >> BONUS NEW MEMBER FREECHIP TANPA DEPOSIT SPESIAL IDUL FITRI 2020 (KLIK DISINI)
    >> BONUS DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN (KLIK DISINI)
    >> JACKPOT PROMO SABUNG AYAM WIN 7X ESKLUSIF
    >> SLOT ONLINE DEPO PULSA
    Penasaran klik link ini sekarang juga!! PENDAFTARAN >> https://s1288poker.website
    MENANG BERAPAPUN...PASTI KAMI BAYAR !!!

    KUNJUNGI JUGA :
    PREDEKSI TOGEL | JADWAL SABUNG AYAM S128 & SV388
    | PROMO S128CASH


    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    LIVECHAT : CS1288POKER
    Whatsapp : 081910053031

    BalasHapus
  9. Winning303

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Tersedia Banyak Permainan :
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  10. AGEN SLOT ONLINE PULSA TANPA POTONGAN


    MINIMAL DEPOSIT TANPA POTONGAN : 50RB
    MINIMAL DEPOSIT PULSA DENGAN POTONGAN : 25RB

    *MENANG BERAPAPUN DI BAYAR*

    *DAFTAR GRATIS SEMUA PERMAINAN*


    Freebet Casino Online


    hubungi kami di
    Whatsapp :085222555128


    Link Alternatif SV388


    SLOT ONLINE PULSA


    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    w
    LINK MAIN TEMBAK IKAN


    Link ALternatif JOKER123

    BalasHapus
  11. Punya E-Wallet?

    Atau Pulsa?

    mari gabung bersama kami di Winning303
    Dapatkan bonus deposit menggunakan pulsa & e-wallet

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : 0877 8542 5244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

    BalasHapus
  12. Deposit Pulsa Minimal 20rb ya Bosku...

    Telkomsel : 0821-9579-1961

    AXIS/XL : 0831-7602-1658

    BalasHapus
  13. ZeusBola - Situs IDN Daftar Dengan DANA
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  14. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 AGEN TOGEL ONLINE TERPERCAYA 2021

    Sini langsung gabung bersama MBO128
    Menang berapa pun kami bayar.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000



    KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  15. SITUS SLOT & TOGEL ONLINE 2021 PROMO TERBARU DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BONUS NEW MEMBER 15%
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Mari Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  16. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Poker Online Pulsa Permainan Terlengkap 24 Jam

    situs poker online terpercaya

    BalasHapus
  17. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  18. Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
    Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
    Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
    Deposit Pulsa Dari 10RB
    Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus
  19. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^

    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    Silahkan hub : WA : 0812-1495-2061

    BalasHapus